Sponsor By :

Lezatnya Nasi Liwet Yu Wati

Posted by Unknown Minggu, 10 Januari 2016 2 komentar

Sukoharjo, Kamis 7 Januari 2016 - Desa Duwet adalah desa sentra olahan Nasi Liwet, hampir semua warga desa duwet berjualan nasi liwet untuk memenuhi kebutuhan ekonominya. Konon katanya pada zaman kraton kasunanan surakarta ada seorang dari desa duwet ini yang belum di ketahui namanya yang mahir mengolah nasi dengan olahan santan yang di namakan "Nasi Liwet". Pada saat itu salah seorang dari kraton kasunanan surakarta mengetahui orang tersebut dan memintanya untuk memasak di kraton kasunanan surakarta dan orang itu mengajak warga desa duwet membantunya membuat nasi liwet di Kraton Kasunanan Surakarta. Dari cerita itulah kenapa desa Duwet di juluki Desa sentra pengolahan Nasi Liwet.

Nasi Liwet Yu Wati salah satunya yang melanjutkan warisan resep Nasi Liwet dari orang tuanya. Nasi Liwet Yu Wati yang berjualan di daerah Nusukan Surakarta ini menjelaskan secara terbuka pembuatan nasi liwetnya kepada kami para mahasiwa politeknik Indonusa yang mengadakan kunjungan outing class di rumahnya di desa Jombor Rt02/02 Duwet baki Sukoharjo.

1. Proses Pengolahan Nasi


Bahan utama pembuatan nasi liwet adalah beras, keluarga Yu Wati menggunakan beras Cap Naga Mas sebagai pilihannya untuk pembutan nasi liwetnya. Karena Beras Cap naga mas ini sangatlah cocok dan rasanya juga pas dengan olahan santan nasi liwetnya "Ungkap Yu wati Selaku pembuat Nasi Liwet"




Setelah beras di bersihkan dengan air kemudian beras lalu beras di di masak selama satu jam setelah beras sudah menjadi nasi kemudian nasi dimasak bersama santan, daun salam daun pandan, lengkuas dan garam. lalu biarkan hingga matang dan santan menyatu dengan nasi selama 1 jam. Setelah 1 jam Nasi Liwet siap untuk di sajikan.

2. Proses Pengolahan Ayam

Untuk ayamnya sebagai lauk nasi liwet Yu Wati memilih ayam petelor atau ayam jawa sebagai pilihan untuk lauk di nasi liwetnya. karena menurut Yu Wati ayam ayam jawa memiliki tekstur rasa yang sangat gurih dan cepat mersap bumbu-bumbu dari pada ayam potong.

Setelah kurang lebih satu jam ayam yang di masak dengan bumbu-bumbu yang sudah di haluskan dengan daun salam, ayam sudah matang dan empuk lalu ayam diangkat dan di sisihkan.

3. Proses Pengolahan Telur

Selain ayam lauk yang bisa di jadikan opsi lain adalah telur ayam. Yu Wati memilih telur ayam potong dari pada telur ayam kampung di karenakan telur ayam potong lebih mudah di di dapatkan di pasaran dari pada telur ayam kampung.

Dalam proses pembuatan telur ayamnya Yu Wati sampai merebus telur ayamnya sampai 2 kali karena menurut Yu Wati sendiri bumbu bumbu akan lebih merasuk bila di masak sampai 2 kali tahap perebusan. Setelah matang ternyata benar saya di beri telur ayamnya dan mencoba dan rasanya sampai merasuk sampai ke dalam kuning telurnya lezat sekali rasanya.

4. Proses Pengolahan Kumut

Ini yang menurut saya adalah bagian yang menjadi paling favorit di Nasi Liwet yaitu adalah Kumut. Kumut adalah olahan santan yang dimasak dengan putihan telur dan garam.

 Cara memasaknya perasan santan yang di panaskan dengan daun salam hingga megeluarkan uap lalu kita masukan putih telur bersama garam lalu udak merata olahan tersebut dan tunggu hingga olahan terebut hingga mengental dan mengeluarkan gumpalan atau endapan putih lalu kita ambil bagian tersebut dengan menggunakan saringan lalu kita taruhkan kumut ke dalam sebuah wadah dan kumut sudah matang dan siap di hidangkan.

5. Proses Pengolahan Sayur Labu Siam


Untuk menambah gurih Nasi Liwet kita bisa juga menambahkan sayur labu siam. Cara mengolahnya tumis semua bumbu sambal goreng yang sudah di haluskan hingga harum. lalu setelah berbahu harum masukan parutan labu siam dan aduk hingga merata lalu tunggu sampai 30 menit. Setelah 30 menit Sayur labu siam siap di hidangkan.Yu Wati juga di bantu oleh adiknya di rumah dalam mengolah nasi liwet.

6. Juga Ikut Membantu


Selain kita bertanya tanya mengenai tentang proses pembuatan nasi liwet kita juga ikut membantu sedikit dalam pengolahan nasi liwet Yu Wati. Seperi saya yang membantu memeras santan, Hesti yang membantu mengangkat parutan labu siam, Rico yang memarut labun siam dan Indri yang membantu mengaduk olahan sayur labu siam.

7. Siap Di Sajikan


Setelah proses yang saya jelaskan di atas Nasi Liwet Yu Wati siap di sajikan. Nasi Liwet Yu Wati yang berjualan di Jl. Kapten Tendean Nusukan (depan Toko Wijaya Motor) ini menjual nasi liwet seporsi dengan harga Rp 8000,- kalau kita ingin menambahkan potongan ayam utuh Yu Wati menjualnya dengan harga Rp 12.000,- sampai Rp 15.000,- tergantung potongan apa yang di minta. Tentu saja harga tersebut begitu murah dan terjangkau dan rasa Nasi Liwet Yu Wati begitu lezat dan pastinya memanjakan lidah.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lezatnya Nasi Liwet Yu Wati
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tugaskuli-ah.blogspot.com/2016/01/lezatnya-nasi-liwet-bu-yu-wati.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

D Sukmana Adi mengatakan...

mantap mas dari proses sampe jadi ada, padahal kelompok lainnya gak seperti ini..:) sip good job, temen yang lain mana nih

Unknown mengatakan...

iyaa pak danang terima kasih pujiannya pak hhhhh :D

Posting Komentar

Template by Cara Membuat Email | Copyright of Tugas Tugas Kuliah.